Rabu, 18 Januari 2017

Menjadi Anak Tunggal di Keluarga Broken Home

Halooo Assalamualaikum, hemm rada serius ya judulnya. Actually gue gak pengen cerita sisi hidup gue yg ini...tetapi gue rasa akan banyak hal bermanfaat yg bisa gue bagi ke orang lain dan otomatis akan ngasih gambaran ke org lain kalau setiap org pasti punya cerita hidupnya masing-masing, ditambah lagi ada beberapa hal yg membuat gue tergerak untuk cerita tentang ini di sela waktu liburan ini

Menjadi anak tunggal bagi sebagian org dinilai menyenangkan, identik dengan kemanjaan mau ini itu diturutin... tapi tidak bila kamu lahir di keluarga yg broken home alias orang tua lo bercerai. Lahir dari ibu dan ayah yg bercerai dari umur gue tidak lebih tua dari masa panen padi di desa tempat gue dilahirkan. Itu artinya nyaris dalam perjalanan hidup gue gak pernah dapet sosok ayah.

Apakah ada efek yg gue rasain sekarang ? Hemm gue gak tau pastinya, tapi bakalan enggak enak banget, karena gue ikut mama berarti gue gak dapet sosok papa, hal signifikan yg gue rasain adalah jadi sangat skeptis terhadap hidup ini, sederhananya lo lihat temen bareng papa nya, tapi lo hanya sama mama doang, di saat gue dapet piagam prestasi di sekolah yg jadi wali sambutan cuma mama lo doang. Itu mungkin juga ngebuat gue agak sedikit cengeng terhadap hal-hal yg terlalu keras, misalnya gue bisa sangat ketakutan kalau dibentak atau parahnya gue gak tau istilah2 dalam permainan sepak bola seperti offsite, hank etc yaa karena gue gak ada bokap yg ngajarin dan support gue untuk melakukan hal2 yg biasa dilakukan oleh pria, at least karena emang gak ada sosok pria dalam mendidik

Tidak ada yg diuntungkan dalam sebuah perceraian bahkan akan ada korban yaitu anak, entah apa yg membuat dua anak manusia yg secara halal mengikat janji pernikahan tiba-tiba mengingkari janjinya, selalu ada penderitaan dan kesedihan. Efek yg bisa gue lihat adalah gue lihat mama berjuang jadi single parent, yg dewasa ini gue menyadari bahwa itu sama sekali bukan hal yg mudah, siapapun org tua mu, mau itu dokter, pedagang, dosen, pegawai dll tapi kalau mereka kerja sendiri buat ngebesarin anak, itu sekali lagi, bukan hal yg mudah !!! . Gue lihat setiap hari Mama kerja, ngurusin gue, ngajarin gue baca Al-Quran setiap sore dan nemenin gue belajar sebelum tidur dan banyak hal lainnya

Tapi gue percaya bahwa Allah selalu memberikan hikmah di setiap cobaan, gue jadi sering ngelus ngelus kepala anak yatim di sekitar rumah gue, karena gue pernah tau rasanya besar tanpa sosok ayah, gue jadi lebih deket sama keluarga besar gue. Di saat mama terpuruk peran keluarga besar mama sangat berperan, gue jadi deket sama Pakde, Om dan Tante di keluarga besar gue karena mereka ikut andil mendidik gue dari kecil, bisa dibilang gue keponakan paling disayang, ya karena kasihan kali ya lihat gue

Hikmah lain gue juga jadi banyak saudaranya, iya dapet saudara. Papa udh nikah sekarang tinggal di Jakarta, Mama juga udh nikah sama duda anak satu, jadinya gue punya saudara, lebih tepatnya kakak, karena doi lebih tua dari gue dan udh kerja jg jadi dokter kepolisian...seru sihh hidup gue ternyata indah

Hemm mau nulis apa lagi ya, udah deh intinya terlalu banyak yg disimpan dan dirasa ampe gak bisa ditulis semuanya.... semoga curhatan gue bermanfaat, bhayy 🐻





14 komentar:

  1. Proud of you.Walaupun jd anak broken home harus bisa bukttin kl dia bisa.Akhirnya mas bisa sukses.Semoga aku juga kayak mas meskipun jd anak broken home gt:)

    BalasHapus
  2. Makasih kak.gua juga senasib kaya lo

    BalasHapus
  3. Dan istri gua juga senasip sma lo

    BalasHapus
  4. calon istri gw jga senasib sama lo bro

    BalasHapus
  5. Senasip bro tapi aku hidup sendiri

    BalasHapus
  6. Kita senasib hha,tapi bedanya setelah cerai dari bokap,mama trauma jdi nya gue tetep dah jdi anak tunggap

    BalasHapus
  7. Paling menyakitkan,ya anak tunggal,mereka masih serumah namun udh tak sejiwa lagi:))

    BalasHapus
  8. Kita senasip ,tapi saya perempuan dan saya dipaksa dewasa dengan keadaan

    BalasHapus
  9. Sama ceritanya, tapi gua hidup dari kecil tanpa kasih sayang orang tua. Orang tua udah cerai terus tuntutan pekerjaan orang tua yang nggak bisa ditinggalkan. Kadang ngerasa kesepian. Udah gitu gua trauma sama laki laki.

    BalasHapus
  10. Rasanya iri bnget gtu liat org punya keluarga harmonis 😭

    BalasHapus