Sabtu, 24 Desember 2016

Dua Ribu Enam Belas dan Resolusi Setelahnya

Nggak terasa tahun segera berganti, waktu adalah hal yang emang kita gak punya kuasa untuk menahannya apalagi memutarnya untuk kembali lagi (lah mulai baper). Gak ada hal istimewa sih buat dirayain di tahun baru nanti, yah setiap orang punya caranya sendiri-sendiri. Balik lagi gue gak bisa memaksakan sudut pandang gue ke orang lain dan berharap orang lain itu ngikutin dan menerima cara yang selama ini gue anut.

Menurut gue yg berdasarkan sabda Rasulullah, bahwa tahun yg akan kita hadapi setelahnya (2017) tidak lebih baik daripada (2016) yg udh kita lalui ini, bukan secara fisik sih semua berubah jadi buruk, tetapi secara kualitas, mentalitas dan moralitas manusianya, artinya kualitas hidup khususnya menyangkut kemanusiaan akan semakin buruk. Jadinya gue memutuskan untuk menggunakan waktu yg ada untuk merenung, merenung kedalam diri gue sendiri apa hal baik dan hal buruk, termasuk  yg udh gue sengaja maupun yang tidak, yg udh pernah gue lakuin, agar tidak terulang dan terulang lagi di tahun yg akan datang, yah berusaha menjadi orang yg cerdas dengan tidak mengulangi kesalahan yg itu-itu aja sih.

Oke gue bakal sedikit me review pengalaman apa aja yg udh gue dapetin di tahun 2016, pertama di tahun ini gue berhasil mewujudkan obsesi pribadi gue terhadap nilai yg baik di bidang pendidikan, itu udh gue wujudkan dengan IP gue hampir sempurna, semuanya mata kuliah dapet nilai A, kecuali satu mata kuliah doang yg dapet B, awal tahun yg cukup menyenangkan dan ngebuat gue terus termotivasi. Di tahun ini juga gue kehilangan eyang putri yg teramat gue sayangi, meninggal di penghujung tahun 2015 dan sedihnya ampe kerasa di awal tahun 2016.

Gue bukannya lebay ya coy tapi beneran gue sayang banget sama eyang putri gue ini, ampe gue ngetik kata “eyang putri” pun dengan meneteskan air mata karena beliau ngajari banyak hal banget tentang kehidupan ini, yg gue dulu gak ngerti apa yg beliau omongin dan baru ngeh sekarang, sedihnya gue belum sempet bales apa-apa, eyang yg selalu ngajari gue tentang perjuangan, singkat cerita beliau harus berhenti kuliah saat itu di jogja dan meninggalkan kehidupan dunia nya, karena beliau terlahir dari saudagar tanah kaya untuk mengabdikan dirinya menjadi Muballighot (sebutan guru ngaji perempuan) untuk mengajar anak-anak di Jombang belajar membaca Al-Qur’an yg akhirnya hijrah dan menetap di Jombang sampai akhir hayatnya.

Eyang putri yg sangat kuat, bayangin aja coy eyang putri gue anaknya 11 (Mama gue anak ke-8) dan beliau itu istri pertama yg ditinggal poligami (kakek gue poligami istrinya 4) harus berjuang mati-matian buat ngehidupin sebelas kepala yg dia berusaha mandiri agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, eyang putri yg ngajari gue main piano. Terimakasih ya yang, Alhamdulillahijazakillahukhoiro semoga engkau disana dikumpulkan bersama orang-orang sholeh yg mati syahid dalam perjuangan agama Allah :'(


Masih sempet nemenin saat-saat kritisnya, jadi foto terakhir kami bersama ( maaf beliau berjilbab, tapi karena sedang dirawat jadi jilbabnya dilepas )




In memoriam Eyang Putri


Baiklah kita lanjut, di tahun 2016 ini juga gue semakin sadar tentang pentingnya berorganisasi dan mempunyai komitmen di dalam sebuah organisasi. Oke gue akui dulu pas SMA gue sangat aktif dalam kegiatan organisasi apapun, terlebih yg berbau seni khususnya fotografi dan harus gue akui juga bahwa benefit nya banyak banget ! tapi entah mengapa pas kuliah gue jadi malessss banget walaupun gue udh bergabung dalam lembaga pers mahasiswa di kampus gue, sampai setahun gue ilang-ilangan sampai semua jobdesk yg udh diamanahkan ke gue sama sekali gak pernah gue kerjain #parah bisa dibilang saat itu gue semu antara ada dan tiada.




Temen organisasi pas di SMA



Dan gue ada pada kesimpulan “gue ilang-ilangan gini, tapi mereka tuh terus follow up gue, terus nganggep gue ada dan bagian dari organisasi itu“  walaupun gue pada saat itu gak peduli sedikitpun, nowadays gue sadar bahwa yg butuh untuk berkembang itu ya gue sendiri, gue berusaha mencoba memposisikan diri gue sebagai org yg selalu meng follow up org yg gak pernah kelihatan di sebuah organisasi (ya gue sendiri pada saat itu), ternyata mereka adalah org yg care agar kita mau belajar di dalam organisasi itu. Seketika itu gue malu dengan diri gue sendiri #MaafkanAkuYangDulu FYI gue masih gabung dengan organisasi ini ampe detik ini.


Temen-temen di organisasi kampus, yg ternyata emang baik-baik


Di tahun ini gue di percaya menjadi ketua panitia sebuah acara yg cukup besar di kampus gue ( khususnya fakultas) yg diselenggarakan oleh organisasi gue sendiri, singkatnya acara ini diselenggarakan di gedung gubernuran jawa tengah dengan mengundang para tokoh yg berkompeten di bidangnya untuk menjadi pembicara di acara gue itu, termasuk yg jadi pembicara saat itu adalah artis ibu kota Christian Sugiono, istilah jawa nya itu Jer Basuki Mawa Bea  segala sesuatu itu harus ada biayanya termasuk ngadain acara gue ini, sedangkan masalah utamanya pasti ada di dana, tapi Alhamdulillah semua bisa di cover dengan uang sponsor dari PLN Peduli dan OJK  #terimakasih  *kali aja staffnya ada yg baca, tahun depan ngasih sponsor lagi deh* #aminnn


Gue bagai itik buruk rupa dan Christian angsanya :"



Gue bersyukur Allah udh ngasih kesempatan gue untuk belajar disini, bersama orang-orang baik, belajar nge handle emosi gue sendiri, belajar deal with other yang gue tahu kadang kita gak sependapat...pokoknya gue banyak belajar, makasih ya team terbaikku, barangkali aja kalian baca tulisan gue, maafkan segala kesalahan selama ini, asal kalian tahu gue berusaha jadi yg terbaik, yah walaupun kurang kurang dan jauh dari kata sempurna :'(


Best team ever !


Sekarang gue mau nulisin beberapa resolusi pribadi gue untuk menjadi lebih baik di tahun 2017 :

  1. Gue mau jadi pribadi yg talk less do more, ngelakuin segala sesuatunya dengan realistis dan difikirin mateng-mateng
  2. Gue mau lebih jujur terhadap diri gue sendiri
  3. Gue mau jadi orang yg cuek terhadap sesuatu yg emang pantes di cuekin, termasuk urusan pribadi org lain yg gak ada sangkut pautnya sama gue
  4. Gue pengen lebih sayang dan menghormat sama orang tua
  5. Gue pengen lebih rajin ngaji
  6. Gue mau hal-hal yg gue lakuin jelas tujuan dan jeluntrungannya
  7. Lebih menghormati orang lain
  8. Assertiveness
  9. Jadi pribadi yang lebih tenang ngehadapin segala sesuatu yg terjadi termasuk yg sifatnya spontan
  10. Gue mau lebih memilah mana yg teman baik - dan mana yg bukan, biar gue bisa temenan sama si penjual minyak wangi yg sesungguhnya, bukan yg cuma kalau ada butuhnya bermanis-manis wajah #nyesek


Gue sangat sadar bahwa sepuluh resolusi yg gue udh buat diatas sama sekali gak mudah untuk diwujudkan, tapi bukan berarti tidak mungkin diwujudkan, gue akan berusaha mewujudkan dengan sepenuh tenaga dan niat yg bulat #bismillah gue akan lebih banyak mendengar, gue akan lebih jadi pribadi yg kalau nyelesaikan masalah bisa lebih kalem dan gak grusak grusuk, pribadi yg tidak lagi menggunakan kemarahan untuk menyelesaikan masalah, kalau lo masih suka marah kampungan untuk menyelesaikan masalah berarti lo masih bocah.

Gue mau lebih menghargai orang lain, berusaha lebih ngelihat kebaikan-kebaikannya daripada fisiknya semata, intinya gue mau jadi less judgemental di tahun 2017. Ini dilatarbelakangi gue udh cukup bosen dgn orang cakep yg ternyata gak baik (gak semuanya juga sih) tapi intinya gue udh bosen sama orang cakep tapi hatinya gak baik, aspek utama gue menjadikan orang tersebut layak untuk disukai sekarang adalah orang yang baik hatinya, termasuk aspek mencari “pacar” kali ya (?) gue sedang mencari orang yg, udah deh fisik nomer dua, yg penting hatinya tulus dan baik, yg bisa tenang ngimbangin gue yg cukup panikan orangnya. Sejujurnya gue lagi suka sama orang yg gue rasa masuk kriteria diatas, tapi tenyata udh punya pacar... yahh tapi gue suka, gimana dong ? 

Demikian resolusi yg udh gue bikin, kalian juga bikin ya, biar kita sama-sama jadi pribadi yg lebih baik dari sebelumnya...Aminn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar